Bagaimana Grand Canyon Terbentuk Terlalu Luar Biasa untuk Tidak Kita Abaikan

Kapan Grand Canyon Dibentuk?

Tanggal pasti kapan Grand Canyon terbentuk masih kontroversial. Dengan mengacu pada data geologi, Sungai Colorado diyakini berasal dari sekitar 60 - 70 juta tahun yang lalu dan lembahnya sekitar 40 juta tahun yang lalu. Studi ilmiah awal mengklaim asal ngarai menjadi sekitar 6 juta tahun yang lalu. Sementara studi geologi yang lebih baru, yang diterbitkan pada tahun 2008, mengungkapkan bahwa canyon curam ini berasal sejak 17 juta tahun yang lalu.




Bagaimana Grand Canyon Terbentuk?

Alasan pasti untuk penciptaan ngarai yang menakjubkan ini tidak diketahui. Tentu saja, ada banyak asumsi dan teori. Aktivitas erosif Sungai Colorado dianggap sebagai penyebab utama pembentukan Grand Canyon. Beberapa kekuatan lainnya, seperti perubahan di jalur sungai Colorado, vulkanisme, pergeseran benua, dan orbit Bumi berkontribusi terhadap penciptaan bentuk lahan ini. Atas pengertian Anda, penjelasan singkat tentang bagaimana Grand Canyon diciptakan dibahas di bawah ini.

Sebelum pembentukannya, kawasan itu diyakini ditempati oleh rangkaian pegunungan. Gunung-gunung ini, setelah rentang jutaan tahun, telah menjadi jelas karena aktivitas erosi air, es, dan angin. Sementara karena perubahan iklim yang tiba-tiba, lautan bergerak di atas area ini dan menyimpan lapisan batu. Proses ini diulang berkali-kali, mengakibatkan pengendapan beberapa lapisan batu. Kadang-kadang, interval antara dua deposisi berturut-turut sangat luas sehingga lapisan atas biasanya terkikis sepenuhnya oleh kekuatan alami sebelum lapisan kedua diendapkan.






Pada titik ini, leluhur Sungai Colorado muncul (sekitar 70 juta tahun yang lalu). Pada masa itu, jalur sungai mengalami perubahan, terutama karena adanya perubahan di daerah sekitarnya. Anak sungai Sungai Colorado juga berkontribusi terhadap proses erosi. Kemudian, sekitar 16 -17 juta tahun yang lalu, Dataran Tinggi Colorado terangkat karena tekanan dari bawah kerak bumi dan pergerakan lempeng tektonik.

Kenaikan elevasi dari permukaan laut mencegah perendaman daerah-daerah ini oleh laut. Di sisi lain, Sungai Colorado terus mengikis sisi ngarai. Terlepas dari aktivitas erosif Sungai Colorado, aliran puing-puing (massa batu dan batu yang mengalir deras akibat banjir bandang) memainkan peran utama dalam pelebaran dan pendalaman Grand Canyon.

Semua faktor ini berkontribusi pada pembentukan Grand Canyon, yang tetap merupakan fitur yang menarik bagi kita semua dan terutama bagi para ahli geologi. Lapisan batu, seperti yang telah kita lihat, sebenarnya terbentuk karena deposisi oleh lautan dan lautan. Ini terbukti dari fakta bahwa batuan yang ditemukan di sisi ngarai sebagian besar berasal dari jenis sedimen. Juga, fosil yang dikumpulkan dari situs ini terutama berasal dari organisme laut, seperti lili laut, moluska, karang, ikan, dll.




Berbicara lebih banyak tentang lapisan batu di dinding ngarai, mereka mengungkapkan sejarah geologi sekitar dua miliar tahun. Salah satu contohnya adalah Wisnu Schist yang ditemukan di dasar ngarai. Studi menunjukkan bahwa ada celah sekitar 1 miliar tahun antara lapisan berusia 1,5 miliar tahun dan 500 juta tahun. Kesenjangan besar ini diyakini sebagai periode erosi. Sampel batu dari ngarai Grand dikumpulkan untuk mempelajari proses geologi yang terjadi pada saat itu.

Komentar

Entri Populer